Biji Semangka Beragam Manfaat, Buah Ini Cocok untuk Jamuan Lebaran Idul Adha 2023

Jakarta, Beritabulukumba.com Jelang hari raya kurban Idul Adha yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Sebagian masyarakat turut mempersiapkan beberapa jamuan istimewa untuk para tamu saat bersilaturahmi.

Adapun hindangan khusus sangat cocok untuk kesehatan tubuh adalah buah semangka yang dikenal sebagai buah kaya air yang menyegarkan. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral.

Apalagi jika di tengah cuaca panas seperti saat ini, mengonsumsi buah semangka sangat dianjurkan untuk tetap terhidrasi. Hal pertama yang terbesit dalam pikiran tentang nutrisi semangka adalah daging buahnya yang manis dan menyegarkan.

Tak hanya buahnya, biji semangka ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat jarang diketahui. Biji semangka ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat kaya dan mengandung protein serta mineral.

Seperti halnya magnesium, seng dan zat besi. Biji semangka bisa dikonsumsi secara langsung atau mentah, dipanggang dan direbus. Selain itu, biji semangka juga kaya akan lemak dan serat sehat yang menjadikannya makanan sehat untuk dimasukkan dalam diet.

Biji semangka juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, jarang ditemukan dalam makanan vegetarian. Berikut ini adalah manfaat buah semangka beserta bijinya yang cocok dibuat dalam bentuk hidangan jus :

Buah semangka bisa dijadikan berbagai olahan camilan juga tak kalah enak. (Foto: Fimela.com) (Beritabulukumba.com)

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi semangka tanpa membuang bijinya juga akan mendatangkan manfaat pada Anda berupa meningkatnya sistem kekebalan (imunitas) tubuh.

2. Bantu Turunkan Gula Darah

Khasiat lainnya dari biji semangka yang bisa Anda dapatkan adalah untuk membantu mengendalikan gula darah. Sementara pada penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi biji ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

3. Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi semangka bersama dengan bijinya adalah keputusan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari buah tersebut. Manfaat ini termasuk untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari osteoporosis.

Advertisement

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji semangka yang juga tidak disangka-sangka adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena pada biji tersebut terkandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik.

Studi menunjukkan bahwa lemak baik ini bersama dengan magnesium berguna dalam membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol jahat.

5. Menjaga Suasana Hati

Advertisement

Biji semangka mengandung vitamin B yang berlimpah dan dapat memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf tetap seimbang, mempertahankan tingkat suasana hati yang baik. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar