Kekeliruan Saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri

Advertisement

image

Kekeliruan jelang Idul Fitri sudah menjadi kebiasaan di masyarakat Indonesia. Mudik, tidak ada sangkut pautnya dengan ibadah Ramadhan. Menurut Ustadzah Mamah Dedeh alias Dedeh Rosidah Syarifudin lebaran Idul Fitri untuk menyempurnakan puasa Ramadhan. “Sempurnakan puasa anda baru bertakbir kepada Allah. Itulah yang dianjurkan jelang dan sesudah lebaran,”katanya di acara Indosiar.

Kekeliruan selanjutnya yang sebaiknya jangan berlebihan adalah gaya dan fashion. Demi berpakaian berlebihan rela mengutang. Atau berlebihan dalam berdandan. Termasuk menyiapkan makanan hingga lupa sholat tarwih atau bahkan merusak dan membatalkan puasa karena kecapekan.

“Lebaran zaman Nabi Muhammad SAW tidak ada berkunjung dan saling memaafkan. Jamaah bertakbir menuju tempat sholat untuk mendengarkan Khotbah”katanya.

Intinya saat Lebaran jangan berlebihan. Sesuaikan dengan kemampuan dalam melakukan perbuatan menyambut Idul Fitri. Utamakan menjalankan kewajiban seperti puasa dan sholat lima waktu. Jangan sampai melakukan kebiasaan lupa menunaikan kewajiban atau sunnah.

Advertisement

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.