Gempa Bumi Malaysia Dipicu 10 Wisman Bugil

Tak Berkategori

Turis Bugil di Gunung Kinabalu Malaysia bydailymail
SABAH,B – Sebuah pernyataan mengagetkan dari Tan Sri Joseph Pairin Kitingan, Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, Malaysia terkait gempa yang menewaskan 11 orang pendaki dan 8 orang belum ditemukan. Ia pun menuding 10 wisatawan mancanegara asal Eropa sebagai penyebab terjadinya gempa bumi berkekuatan 6.0 skala richter di Sabah, Jumat sore (5/6/2015).

Kitingan menegaskan gempa bumi itu akibat dari ulah 10 wisman yang bugil menuju puncak Gunung Kinabalu, tanggal 30 Mei lalu. Ia menilai sikap wisman tersebut sangat tercela. Selain itu, ulah tersebut mencederai adat-istiadat setempat. “Ini hal yang penduduk Sabah percaya, ketika gempa bumi terjadi, itu merupakan konfirmasi dari kepercayaan kita, Gunung Kinabalu adalah gunung yang suci, jangan menganggap hal ini sebelah mata,” kata Kitingan.

Kini Kitingan menegaskan agar turis tersebut diseret ke pengadilan lokal untuk diadili atas perbuatan mereka. Foto setengah telanjang turis Eropa itu muncul di media sosial telah memicu kontroversi di kalangan penduduk Sabah. Warga setempat selama ini mengkultuskan kesucian Gunung Kinabalu. Direktur Sabah Park Datuk Jamili Nais pernah menghentikan aksi 10 turis tersebut. Hanya saja turis-turis tersebut menolak mentah-mentah dan malahan menyoraki Datuk Jamili. (sumber Strait Times/Daily mail)

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.